Jumat, 30 April 2010

Indonesiaku

Oleh : I Nyoman Danan

Indonesia adalah sebuah negara di wilayah Asia Tenggara dengan ibukota Jakarta. Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan sumber daya alam lainnya. Seharusnya kita bangga dengan itu semua. Dulu para penjajah berduyun-duyun datang untuk meraup sumber daya kita. Tapi berkat perjuangan para pahlawanlah kita merdeka.

Dari sabang sampai merauke dari pulau we sampai pulau rote(roti) itulah wilayah Indonesia(bisa dilihat di peta). Gugusan gunung berapi membentang, itulah yang membuat bangsa kita subur tapi sayang rakyatnya tidak makmur. Begitu banyak pulau-pulau yang ada di Indonesia tapi tak satupun yang bisa kita jaga. Kemana sipadan linggitan? kemana pula ambalat? Lalu pulau yang mana lagi yang akan terampas dari negara kita ini?. Apakah kita hanya diam saja? Melihat satu persatu pulau kita mulai menghilang dari bumi pertiwi.

Indonesia adalah negara yang kaya, mempunyai banyak potensial, tapi mengapa kita tidak memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Banyak penambangan liar, pembakaran hutan, dan lain sebagainya. Entah apa tujuan dari itu semua. Hampir semua rakyat Indonesia adalah orang miskin. Padahal jika kita melihat dari background negara kita yang kaya akan SDA, itu tidak seharusnya terjadi. Siapa yang harus disalahkan? Semua ini karena siapa?

Negara Indonesia adalah milik bangsa Indonesia, tidak seharusnya kita menjadi bawahan di negara kita sendiri. Karena banyak perusahaan – perusahaan Indonesia yang di pimpin oleh orang asing. Aduh, kenapa dengan bangsaku ini? Kenapa kau jadi seperti ini?

Di mana-mana macet, begitu musim hujan jalan disulap menjadi kolam raksasa (banjir). Semua orang protes. Menyalahkan orang lain. “Kenapa ini bisa seperti ini?” coba tanya pada diri sendiri, sudahkah anda membuang sampah sesuai dengan prosedur yang benar (^^), tidakkah anda menebang pohon sembarangan (^^). Tapi terkadang ada pula yang biasa saja. Lucunya bangsa ini.

Kurangnya solidaritas, si kaya sibuk memupuk kekayaannya, sedangkan si miskin mengorbankan harga dirinya untuk mengais sesuap nasi. Ironis sekali, biaya pendidikan yang terus melambung tinggi, sehingga banyak anak yang putus sekolah. Banyak lho generasi berprestasi dari kalangan yang tidak mampu. Mau pintar saja kok susah ya.

Tapi walaupun demikian kita harus bangga karena ada beberapa pulau dari negara kita ini yang terkenal di dunia. Dimanakah itu???? Bali!!!

Benar sekali, bali adalah pulau dengan sejuta pesona keindahan, banyak wisatawan asing datang ke pulau dewata ini. Selain itu kita punya batik dan juga kebudayaan yang lainnya. Nah, tugas kita sebagai warga Indonesia adalah melestarikannya dan menjaganya, supaya tidak diambil lagi. Ingat – ingat …(~_^) ting. Indonesia ku juga Indonesia mu, Indonesia kita juga Indonesia kalian semua. Jadi, walaupun keadaan negara kita sedang semrawut, jangan malu mengakui bahwa kita ini warga Indonesia.

“When bad things happen, don’t give up. The day will come when you will look back and laugh at them.” Nuriko - Fushigi Yuugi.

0 komentar:


By Animart