Senin, 05 April 2010

let's cooking

Halo semua buat kalian-kalian baik itu cewek ataupun cowok, tua maupun muda, yang suka masak terutama masak makanan Jepang. Kali ini saya ingin berbagi resep. Selamat mencoba.
*Hakusai (sawi putih) Rebus Krim
Bahan-bahan :
Sawi putih 8 helai
Bacon atau daging asap 4 lembar
Krim mentah ½ cangkir
Kaldu instan ½ bungkus
Garam
Lada
Cara membuat :
1. Pisahkan sawi putih helai demi helai dan masukkan ke dalam air panas selama 3 sampai 4 menit sampai layu.
2. Lebarkan helai sawi putih, kemudian taburkan sedikit garam, kemudian gulung dsari bagian pangkalnya sampai keujung helai. Potong bacon secara vertical menjadi dua bagian dan kemudian lilitlah gulungan sawi tadi dengan bacon.
3. Susun bahan no.2 di dalam panci lalu masukkanlah air secukupnya. Masukkan juga kaldu instan dan nyalakan api. Bila air telah mendidih, kecilkan api dan terus jerang di atas api kecil selama 15 menit.
4. Masukkan krim mentah ke dalam panci sedikit demi sedikit [hati-hati, terlalu lama menjerangnya diatas api kecil membuat air dan krimnya terpisah]. Dan jangan lupa untuk menambahkan lada secukupnya. Hidangan pun siap untuk disajikan. [untuk 4 porsi]

*Daikon [lobak] panggang keju
Bahan-bahan :
Daikon ½ batang
Bubuk keju / parmesan secukupnya
Minyak zaitun
Cara membuat :
1. Iris-iris daikon dengan ketebalan sekitar 5-6 mm, letakkan dalam piring tahan panas kemudian masukkan ke dalam microwave [tanpa alumunium foil]. Panaskan selama 3-4 menit sampai melunak.
2. Panaskan 1-2 sdm minyak zaitun dalam wajan datar, kemudian pangganglah daikon tadi sampai kedua sisinya berwarna kecoklatan. Berilah taburan keju diatasnya dan bila kejunya mulai meleleh, matikan api.
3. Daikon siap di hidangkan [untuk 4 porsi]
* biasanya disajikan saat musim dingin
Oyakodon
Bahan-bahan :[untuk 2 porsi]
Telur 2 butir
Paha ayam / ayam fillet [tanpa tulang] 1 lbr [200gr]
Bawang Bombay ½ buah
Nasi putih hangat 2 mangkuk
Shoyu
Mirin
Gula pasir
Cara membuat :
1. Iris bawang bombay tipis-tipis. Potong daging ayam dalam bentuk dadu sekitar 2cm.
2. Siapkan wajan. Tuangkan air putih 2/3 gelas, lalu tambahkan 2-3 sendok makan shoyu, 1 sdm mirin, 1 sdt. gula pasir. Panaskan dengan api sedang. Setelah mendidih, masukkan daging ayam dan bawang Bombay yang sudah dipotong. Aduk-aduk selama 3 menit hingga matang. Sementara itu kocok telur didalam mangkuk dengan cara mengaduknya 10 kali. Ingat, jangan mengocoknya seperti membuat telur dadar.
3. Siram setengah bagian telur kocok ke atas daging dan bawang yang sudah matang dengan menuangkannya sedikit-sedikit menggunakan sendok besar. Ratakan ke seluruh permukaan daging hingga matang. Tuangkan sisa telur kocok, diamkan selama 20-30 detik, lalu angkat dalam keadaan telur setengah matang. Sajikan di atas nasi putih.

Membuat onigiri
1. Masukkan nasi ke dalam mangkuk kecil sampai terisi setengahnya.
2. Masukkan bahan isian yang diinginkan tepat ditengah-tengah mangkuk, tekan pelan.
3. Basahi tangan dengan air supaya nasi tak melekat di tangan. Lumuri tangan dengan garam secukupnya, kemudian tangkupkan isi mangkuk ke telapak tangan. Bentuklah menjadi segitiga dengan menekan-nekan kedua telapak tangan . Gulingkan di telapak tangan sambil menekannya lembut.
4. Letakkan lembaran nori [rumput laut] di bagian bawah onigiri.

Shichimi shio onigiri [4porsi]
Siapkan 600gr nasi hangan, masukkan ke dalam mangkuk. Basahkan keduan tangan dengan air, kemudian satunya dilumuri garam. Ambil ¼ bagian nasi kemudian bentuklah menjadi segitiga. Tebarkan shichimi [bumbu 7 rupa] di atas talam, gulingkan onigiri sehingga ketiga sisinya terlumur rata. Sajikan [kalau tidak ada shichimi, bisa diganti dengan abon]

Tamagokake Gohan no Onigiri
[4 porsi]
1. Siapkan selembar besar yakinori[nori panggang], potong menjadi empat. Masukkan 600gr nasi hangat ke dalam mangkuk , beserta dua kuning telur, 2 sdt shouyu, 5gr katsuobushi. Aduk hingga tercampur rata.
2. Ambil ¼ bagian bahan 1 kemudian letakkan diatas selembar wrapping plastic. Bentuk menjadi bola. Keluarkan dari wrapping plastic lalu letakkan diatas piring yang sudah dilapisi selembar yakinori, beri taburan katsuobushi di atasnya. Santap setelah membungkusnya terlebih dahulu dengan yakinori.
Okonomiyaki
BAHAN >
100 gr tepung terigu
½ sendok teh penyedap rasa
½ sendok teh garam
130ml air
1 butir telur
BAHAN ISI>
50gr kol, diiris halus
50gr acar jahe, dicincang halus
25gr tepung roti kasar
1 butir telur
50 gr beef bacon (bisa diisi dengan apa yang disuka)
BAHAN OLESAN>
50gr mayones
50gr saus okonomiyaki
BAHAN TABURAN>
2gr bonito (katsuobushi)
2gr rumput laut kering, direndam sebentar
CARA MEMBUAT>
1. Campurkan tepung terigu, penyedap rasa & garam. Masukkan air sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Tambahkan telur, aduk sampai adonan licin. Diamkan selama 30 menit.
2. Aduk bahan isian sampai rata lalu bagi jadi 2 bagian. Tambahkan setengah bagian ke dalam adonan tepung.
3. Tuang setengah bagian adonan ke wajan anti lengket diameter 15 cm yang diolesi sedikit minyak. Tata potongan beef bacon di atasnya, diamkan sampai adonan beku.
4. Tutup dengan sisa adonan. Balik adonan hingga semua permukaannya matang. Gunakan spatula supaya bentuknya bulat dan mantap.
5. Olesi permukaannya dengan mayones & saus okonomiyaki (bisa diganti dengan saus yang kental). Hiasi dengan serutan katsuobushi (ikan bonito kering), dan rumput laut kering. (untuk 2 porsi)

Takoyaki
BAHAN :
100gr gurita (cumi-cumi kupas),rebus lalu dipotong kotak 1cm.
50gr kol, diiris halus
30gr daun bawang, diiris halus
30gr jahe, dicincang halus
Minyak salad untuk olesan
380gr tepung terigu
1 sdt baking powder
2sdt garam
2 putih telur
3 kuning telur
800ml kaldu ikan dari rebusan kepala ikan kakap
PELENGKAP :
Saus mayones
Saus buldog atau saus takoyaki siap beli, bisa juga kecap inggris
Katsuoboshi (serutan halus ikan katsuo)
CARA MEMBUAT :
1. Kocok telur, lalu tambahkan kaldu sambil diaduk.
2. Masukkan tepung terigu, baking powder sambil diayak, tambahkan garam
3. Panaskan cetakan poffertjes, oles dengan minyak salad, tuang adonan lalu tambahkan gurita, kol, daun bawang, jahe cincang hingga melebar.
4. Bolak-balik adonan dengan pengait besi hingga membentuk bola. Masak hingga matang.
5. Sajikan dengan saus takoyaki, mayones, & katsuo boshi. Untuk 40 buah.

0 komentar:


By Animart