Jumat, 30 April 2010

Internet

Internet, begitu mendengar nama satu ini pasti yang ada dalam pikiran kita adalah facebook, twitter, google, yahoo, email. Tapi apakah internet itu? kali ini saya ingin menjelaskan beberapa hal yang saya ketahui tentang internet.
Internet (Interconnected Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs. Internet menyediakan akses layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk pemakainya yang tersebar diseluruh Indonesia, bahkan seluruh dunia.
Internet dibentuk oleh jaringan yang bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini berfungsi untuk mengatur format data yang diizinkan, penanganan kesalahan (error handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Protokol ini mampu bekerja pada segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan hardware maupun system operasi yang digunakan.
Itulah sekilas pengertian tentang Internet, tapi apakah kegunaan internet itu?
Banyak kegunaan menguntungkan yang kita dapatkan misalnya dalam bidang akademis, bisnis, pemerintahan, organisasi dan lain sebagainya, yaitu
Internet sebagai media komunikasi .
Beberapa fenomena dan kelebihan internet sebagai media informasi dan komunikasi disbanding dengan media lain adalah informasi yang didapatkan lebih mudah, cepat dan murah dengan jangkauan global. Tapi terkadang internet pun dapat menjadi ancaman jika tidak digunakan dengan sesuai.
Aplikasi yang ada di internet diantaranya :
a. Email
b. WWW
c. News Group
d. FTP Gopher
e. Dan lain-lain
Dengan munculnya situs media online (berbasis media cetak maupun yang tidak) sehingga mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi
Internet sebagai media promosi, diantaranya:
a. Image Company
b. Pengenalan dan pemesanan produk
c. Registrasi klien
d. Jadwal pengiriman dan lain-lain
Internet sebagai komunikasi interaktif, diantaranya:
a. Email
b. Dukungan pelanggan dengan WWW
c. Internet Relay Chat
d. Internet Phone
Pengenalan Penelusuran Web (Web Browser)
Dewasa ini internet bukan merupakan hal yang aneh lagi bagi masyarakat, karena penggunaannya sebagai media komunikasi massa sudah kita temui dimana-mana.
Unruk dapat menjelajahi internet diperlukan sebuah software diantaranya yang disebut web browser. Beberapa web browser yang sering digunakan adalah:
a. Internet Explorer
b. Netscape Navigator
c. Mozilla
d. Opera



tampilan IE





tampilan netscape








tampilan opera

0 komentar:


By Animart